GAMBARAN ANEMIA DAN STATUS GIZI PADA SISWI MTS NAHDLATUL KHAIRAAT LABUAN



Penelitian Mahasiswa Poltekes Palu
(NADIATUN NISA)

Status Gizi Remaja sangat penting untuk menunjang tumbuh kembang Remaja. Status Gizi yang Optimal akan membentuk Remaja yang Sehat dan Produktif. Permasalahan yang sering muncul adalah Gizi yang kurang dan Gizi lebih.

Gizi kurang dapat mengakibatkan penurunan prestasi akademik dan mengakibatkan gangguan sistem  reproduksi yang berdampak buruk di kemudian  hari. Tujuan  Penelitian ini  adalah untuk mengetahui Gambaran Status Gizi pada Remaja Putri di MTs Nahdlatul Khairaat Labuan Tahun 2022.

Jenis Penelitian ini adalah Deskriptif, untuk mengetahui gambaran status Gizi pada Remaja Putri di MTs Nahdlatul Khairaat Labuan. Populasi dalam Penelitian ini adalah seluruh Siswi di MTs Nahdlatul Khairaat Labuan sebanyak 40 Siswi.


Mengecek Kadar HB Remaja Putri 

Teknik Pengumpulan Data dengan menggunakan Teknik Random sampling. Hasil Penelitian menunjukkan status Gizi Remaja Putri dengan Persentase sebesar 80% dalam kategori Normal. Berdasarkan karateristik umur Remaja Putri MTs Nahdlatul Khairaat Labuan yang menjadi Responden dalam Penelitian ini yaitu 40 Responden, yang terdiri dari kelas VII, VIII dan IX Mulai dari umur 13  tahun hingga umur 16  tahun berdasarkan  standar  ketentuan yang masuk dalam kategori normal.

Saran dalam Penelitian ini adalah Bagi Remaja Putri diharapkan memperhatikan pola makan yang sesuai dengan Gizi seimbang guna tercapainya status Gizi yang baik, sehingga dapat menunjang kegiatan pembelajaran sehari-hari terutama untuk proses tumbuh kembang.





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama